Selasa, 15 November 2011

Marketing Mix


Massachusetts Audubon Society (MAS) adalah organisasi yang berhubungan dengan pengembangan strategi dalam cagar alam yang mengoperasikan keterlibatan anggota - anggota yang ikut didalamnya. Organisasi ini juga melakukan pembinaan pendidikan, perlindungan habitat dan juga advokasi.

Tetapi demikian seiring dengan waktu terjadi penurunan dalan keanggotaan dan program pendapatan yang dilakukan.sehingga perlu adanya pendekatan - pendekatan untuk mempertahankan anggota - anggota yang masih ada dan memberikan informasi yang lebih rinci dan terbuka seperti melakukan transparansi atas laporan keuangan, konsistern disetiap cabang sehingga tidak terjadi perbedaan, dan sebagai anggota sendiri tentunya mendapat kejelasan apa yang telah didapat apabila menajdi anggota dari MAS.

Sehingga dalam hal ini tentunya MAS perlu memnonjolkan posisi dan peran sebagai tepat konservasi dan pendidikan yang lebih agar membedakan dari organisasi lainnya.selain itu juga eprlu adanya komunikasi yang aktif dengan media tentunya agar MAS lebih dikenal.


Sehubungan dengan itu pembelajaran mengenai service marketing mix adalah merupakan trick - trick yang tentunya dapat dipakai dalam suatu usaha seperti dalam memposisikan :
1. Harga : Skimming price (harga jual semalmungkin karena tidak memliki kompetitor), penetration (harga dijual semurah mungkin,karena banyaknya kompetitor), psychological (melalui perasaan dan pemikiran seseorang : togamas dengan diskon seumur hidupnya - mengikuti harga pasar namun mengutamakan konsumen), cost-plus (harga standar - contoh: Air Asia / Tune Hotel), loss leader (omzet berkurang namun tetap menjadi pemimpin untuk pasar yang ada karena adanya brand yang kuat - contoh: AQUA: Air minum, INDOMIE: mi instant).
2. Product: kualitas, kemasan, merek, aksesoris, garansi.desain, teknologi, kegunaan, kenyamanan, nilai.
3. Promotion: penawaran khusus, iklan, dukungan, free trials, , surat langsung, posters, hadiah gratis, kompetisi, usaha patungan (kerja sama sebagai promosi agar mendapat persenan sesuai yang sudah ditetapkan).
4. Place (tempat dimana kita dapat menitipkan barang kita): retail, wholesale, mail order, internet, direct sales, peer to peer, multi-channel (langsung dan tidak langsung).
5. People: karyawan, manajemen, budaya (visi dan misi), layanan pelanggan.
6. Process: seperti Blue Print
7. Physical environment: Cerdas, run-down, interface, kenyamanan, fasilitas.

Dalam marketing mix ini tentunya bertujuan dan bergantung pada tujuan pemasaran, jenis produk, target pasar, struktur pasar, pesaing , isu-isu global (budaya dan agama), posisi pemasaran, dan siklus hidup produk.

0 komentar:

Falling Love