Kamis, 11 Agustus 2011

Service Customer


Sama seperti minggu sebelumnya topik marketing yang dipelajari hari ini yaitu terdapat 2 tipe dalam setiap diri masing - masing individu. Tipe konsumen produk dan pelayanan, yang membedakannya jika konsumen produktif bila kita tidak suka, kita dapat berganti atau berpindah sedangkan  jika konsumen pelayanan akan cenderung memberikan tanggapan terhadap kosumen lain.Sehingga dalam melayani konsumen kita sebagai seorang entrepreneur perlu melakukan pelayanan yang berkualitas tidak perduli konsumen yang ingin membeli produk kita kaya atau miskin kita harus tetap melayani dengan baik.Sikap baik maupun buruknya pelayanan juga seharusnya dapat ditolerasi sehingga sebaiknya memberikan kesan pertama yang baik dan berkelanjutan agar konsumen dapat puas atas barang maupun pelayanan yang diberikan.

Jika dihubungkan dengan topik sebelumnya yaitu marketing pelayanan dalam pelayanan konsumen ini jauh menitik beratkan kepada pelayanan yang sebaiknya harus berkualitas karena berpengaruh terhadap marketing pelayanan juga. Karena dalam pelayanan sendiri hanya dapat dirasakan dan dialami secara langsung oleh konsumen maka perlu selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan menjadikan kepuasan konsumen yang merupakan hal utama. Dari kesan persepsi kepuasan konsumen inilah yang akhirnya akan membawa nama dari bisnis menuju keberhasilan.

Seperti halnya yang dapat kita contohkan adalah Pabrikan Suzuki yang menggelar event “Paket Service Khusus Mudik Lebaran”  yaitu paket service khusus agar motor konsumen dapat dalam kondisi prima saat pulang mudik lebaran. Hal ini dilakukan agar konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan merasa dipedulikan sehingga memberikan kesan dan tanggapan puas terhadap barang yang dibeli dan kualitas pelayanan yang diberikan.


0 komentar:

Falling Love