Kamis, 18 Agustus 2011

Strategi Jollibee


Materi pembelajaran mengenai Service Marketing tentang Jollibee menarik hari ini, yaitu perusahaan fast food yang menjadi saingan Mc Donals di Filipina. Jollibee membuat fast food dengan cita rasa, gaya dan tema Filipina yang akhirnya membawa Jollibee lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat Filipina. Jollibee sendiri mejadi sangat suses dikarena Jollibee mengtahui market pasar Filipina yang suka berkumpul dan saling kekeluargaan selain itu Jollibee melebarkan sayapnya dengan mengambil brand -brand lain tanpa membuat brand baru agar tidak merugikan jika terjadi kesalahan pada nama besar Jollibee sendiri. Jollibee sangat jelas mementingkan rasa kekeluargaan dan kebiasaan dari orang - orang Filipina ini budaya yang kuat ini benar - benar membawa nama Jolibee dikenal lebih dibandingkan MC Donals.

Belajar dari kompetitor itu perlu tetapi bukan berarti kita mengikuti semua yang kompetitor lakukan, seharusnya kita bisa menjadi lebih baik dan berbeda dari kompetitor kita.   

Sesuai dengan pelajaran hari ini juha kita perlu membuat blue print sebelum kita memulai usaha ini dibuat kita lebih terarah dan jelas, service blue print sendiri terdiri dari standar produk yang diterapkan dan organisasi chart yang harus jelas dan lengkap dari misalnya pembeli masuk , proses pembelian sampai keluarnya pembeli tersebut harus jelas dan teratur.

Dari minggu sebelumnya sendiri berhubungan bahwa untuk memulai dan melakukan kualitas service yang baik kita harus menyesuaikan dan membuat arah yang jelas agar service yang kita berikan juga tidak malah berlebihan atau kurang dimata konsumen. 

0 komentar:

Falling Love