Saat ini bukan hanya dengan menjual barang saja yang memerlukan marketing tetapi marketing pelayanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi dalam bisnis. Pelayanan sendiri dibuat bersamaan dengan keinginan pelanggan sehingga pelayanan justru cenderung hanya dapat dirasakan tetapi sulit untuk di pegang,dimengerti maupun divisualisasikan. Markerting pelayanan sendiri akan sangat berpengaruh pada 3 faktor yaitu Waktu, Kualitas dan Orang yang memberikan pelayanan. Waktu misalnya untuk memberikan kepastian dan waktu maksimal untuk memberikan pelayanan tetapi tanpa ada kualitas yang baik pada orang yang melakukan pelayanan tersebut sama saja akan sia-sia.Seperti pada umumnya startegi yang banyak digunakan saat ini adalah ketika berhubungan dengan waktu biasanya seperti memberikan jam pasir.
Jika pernah kita kalo belanja di department store atau restorant fast food, ada kadang -kadang yang menarik biasanya kalau perhatikan. Saat misalnya mau membayar pada kasir pembayaran, mbak kasir pasti tuh menyambut dengan ramah sambil juga dia putar “jam pasir” di depannya. Nah kadang - kandang ada aja orang tanya aww kenapa diputar mbak?..trus klo habis gimana lah?..si mbak pasti dengan gayanya profesional gtu jawab dan menjelaskan kepada konsumen setelah selesai memenui orderan pembeli. Sebenarnya pengunaan jam pasir ini untuk melihat dalam sekali proses transaksi waktu maksimal yang di butuhkan adalah satu kali putaran jam pasir, jika waktu yang butuhkan melebihi satu putaran jam pasir maka dapat dikatakan bahwa performance jelek/buruk.Pelayanan dengan jam pasir memerlukan ketanggapan, kecepatan, dan keramahtamahan kasir untuk melayani dengan baik pelanggan yang datang.
Kamis, 04 Agustus 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar