Senin, 07 Maret 2011

Questions for Industrial Association

Membuka suatu usaha baru memang bukanlah hal yang mudah, seperti menurut teorinya usaha baru dapat dikatakan sukses jika bertahan selama 3 tahun. Seharusnya masih banyak peluang usaha yang bisa di kembangkan di Indonesia. Tapi sampai saat ini, masih sulit untuk membaca produk pastry seperti apa yang sedang nge-trend, karakter pembeli maupun target marketnya? Untuk itu dari usaha yang sebelumnya direncanakan, yaitu membuat  snacking Box untuk acara pertemuan, kematian maupun kegiatan – kegiatan. Diharapkan inovasi yang dibuat bisa menjadi dobrakan baru untuk  snacking Box.  Berinovasi memang penting, tapi faktor ini bersingungan dengan biaya sehingga tempat dan kisaran harga perlu kembali lagi ditinjau. Dari sini, banyak yang akan bisa diubah seperti makanan dan kemasannya. Tetapi sulit untuk menitik beratkan pada satu aspek saja, sehingga pertanyaan baru lagi muncul yaitu memilih mana yang akan mau di inovasikan, produknya atau kemasannya? 


Pentingnya megetahui apa saya yang diperlukan untuk membangun usaha baru adalah untuk jangka panjang usaha tersebut. Semakin barang tersebut berinovasi,berbeda dan diterima baik dipasar sehingga bertahan 3 tahun maka perusahaan tersebut bisa pelan – pelan menjadi kebutuhan pasar.


Mengimplementasikan pada kehidupan tidaklah hal yang mudah tetapi dengan mencontoh perusahaan Apple dalam mengembangkan usahanya melalui strategi Blue Ocean yaitu menciptakan produk baru sehingga lama kelamaan menjadi kebutuhan pasar yang baru bisa dicoba. Apple tidak mengambil strategi Red Ocean karena strategi ini cenderung mudah untuk disaingi, tidak hanya itu dalam bersaing terjadi peperangan harga yang membuat pesaing saling menjatuhkan satu dengan yang lain.Oleh karena itu mencontoh perusahaan Apple bisa dibilang cara yang baik untuk prospek jangka panjang suatu usaha baru.          

0 komentar:

Falling Love