Senin, 28 Februari 2011

Analisis Pasar



Dalam penganalisisan pasar terdapat kompetitor dan konsumen untuk itu cara menganalisis pasar tersebut yaitu dengan Value Chai dan STP (Segmentation Tergeting Positioning). Value Chai sendiri merupakan konsep strategi perencanaan pemasaran yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu aktivitas yag dilakukan sehari – hari (Inbound logistics,operation, outbond logistics,marketing and sales, services) dan aktivitas yang dilakukan berkala (Firm Infrastructure, Human Resource Management, Technology, Procurement). Sesudah membuat Value Chai maka dapat menentukan STP (Segmentation Targeting Positioning). Segmentation bisa berdasarkan Demografi, Geografi dan Sycography dengan segment yang dipilih tadi maka kita bisa dengan pasti menentukan target mana yang akan dituju tetapi dengan adanya segmen dan target biasanya akan ada kesamaan satu dengan yang lain sehingga diperlukan juga positioning yaitu membuat keunikan posisi produk sehingga menjadikan lebih menonjol dibandingkan yang lain dipikiran konsumen.


Poter's Value Chain 
 

Memang bukan hal yang mudah untuk membangun suatu usaha perlunya menganalisis kondisi pasar sangat penting dilakukan untuk membuat usaha yang jalankan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Menganalisis dengan Value chai kemudian melanjutkan dengan STP (Segmentation Tergeting Positioning) dapat dijadikan salah satu konsep stategi perencanaan yang berlansung panjang dan pertahap sehingga menjadikan landasan yang kuat dalam merencanankan sesuatu produk yang berbeda tetapi dapat langsung diterima dengan baik di pasaran.


Konsep analisis pasar yang tedapat pada Value Chai dan STP (Segmentation Tergeting Positioning) umumnya dapat dijadikan acuan untuk memulai usaha sehingga pertama yang perlu dilakukan adalah benar – benar menggunakan konsep Value Chai dan membagi mana bagian yang dapat dilakukan sehari – hari dan dilakukan berkala. Umumnya antara aktivitas ini diusahakan dapat membuat perusahaan diuntungkan maka tergantung lagi dari STP (Segmentation Targeting Positioning) yang telah direncanankan. Tahap – tahap perencanaan dan pemilihan produk sangat perlu dilakukan secara matang sehingga menjadikan dobrakan bagi pasaran dan agar usaha dapat berjalan stabil.

0 komentar:

Falling Love