Senin, 21 Februari 2011

Analisis Industri



Apa yang ada dipasar dan bagian terpenting apa itu pasar? Pasar terdapat didunia nyata dan didunia maya, bisa terjadi dimana saja dan dapat berupa jasa atau barang. Disisi lain dengan adanya pasar dapat dihubungkan dengan industri. Industri merupakan kumpulan dari orang ataupun perusahaan yang menjual produk dengan target yang sama dari kesamaan inilah timbul namanya perang antar industri.Industri sendiri terbagi 4 macam yaitu industri:Primary yaitu industri yang mengambil hasil bumi,Secondary industri yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, Tertiary industri yang melibatkan jasa dan barang dan Quarter industri yang berupa teknologi,farmasi dan bioteknologi. Bila dikaitkan dengan pembelajaran industri dari pariwisata ada beberapa sektor yang berkaitan yaitu dari sektor akomondasi, makanan dan minuman, hiburan, dan pusat informasi. Kembali lagi sektor ini membuat adanya peperangan harga sehingga perlu mengetahui persaingan sesuatu industri dengan perusahaan yang ada ,kompetitor pendatang baru,kekuatan tawar menawar supplier,pembeli dan ancaman produk pengganti.

Mengetahui kondisi pasar bukan hal mudah untuk itu mengetahui peluang yang ada diperlukan. Menganalisis dari industri pariwisata yang masih memiliki peluang besar, seharusnya dapat memberikan kesadaran bahwa masih banyak sektor maupun jasa dan produk yang dapat dikembangkan dengan mengetahui terlebih dahulu target mana yang ingin dicapai dan dari mana ingin memulai usaha tersebut semua kembali lagi dengan perlunya menganalisa pasar dengan segala resiko yang ada, disamping adanya inovasi yang akan dibuat.

Memulai dari diri sendiri menganalis kondisi pasar memang bukan hal mudah tetapi awal diri sendiri melihat resiko dan peluang penting untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan dibuat. Persaingan akan terus terjadi sehingga dalam industri juga memerlukan struktur industri sebagai penentu arah permainan pesaing. Memulai sesuatu usaha biasanya perlu membidik dari mana ingin mengembangkan produk tersebut seperti dalam “Analisa siklus hidup produk” menurut Kotler terdapat  tahap yaitu: perkenalan,pertumbuhan,kedewasaan dan penurunan. Adanya Analisa siklus hidup produk ini bisa dijadikan strategi kedepan dalam membangun bisnis yang bersaing dan kompetitif.

Sumber :kotler,2000 :248

0 komentar:

Falling Love