Senin, 14 Februari 2011

Inovasi, Keunggulan Bersaing , Berkelanjutan


         Apa sih inovasi?????.. Inovasi merupakan proses yang dilakukan untuk memberikan suatu yang lebih baru dan berbeda,.. sehingga apa perlunya berinovasi? Inovasi diperlukan karena adanya 4 karakteristik yaitu Perubahan, Kompleksitas, Kekacauan dan Pertentangan. Dalam inovasi pemasaran terdapat 5 hal yang perlu diketahui dahulu yaitu Produk baru, Metode Produk baru, Pasar baru, Sumber daya baru dan Struktur organisasi baru. Inovasi seharusnya dilakukan terus menerus sehingga dapat bertahan lama, Inovasi yang berbeda akan membuat adanya keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing merupakan kelebihan yang dimiliki dibandingkan kompetitor. Keunggulan bersaing ini ada dikarenakan perbedaan dan kelebihan yang dimiliki dan berbeda dari kompetitor lain dari sini perlu ada pemfokusan target konsumen yang akan dipilih. Lama tidaknya inovasi dan bersaing tidaklah penting tetapi mental dari ingin bersaing dan rasa ingin berinovasilah yang merupakan kunci utama yang harus dimiliki. Seperti Apple menduduki peringkat pertama perusahaan paling inovatif versi Business Week 2010, meskipun produk Apple sudah terkenal tetapi inovasi –inovasi baru terus dimunculkan untuk membuat perusahaan ini memiliki keunggulan sendiri.

        Inovasi ini membuat adanya sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi semua orang dengan memberikan sesuatu yang lebih baik dan berbeda. Pentingnya inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor yang ada tidak hanya itu dengan banyaknya peluang yang masih bisa dilakukan keunggulan bersaing merupakan peluang besar yang dimiliki.Semakin terus berinovasi kita dapat membuat sesuatu yang berbeda yang menjadikan kita lebih unggul dari kompetitor dari sinilah mental akan terbentuk untuk tidak cepat puas atau menyerah dalam berinovasi dan bersaing.

      Keberhasilan didepan yang kita dapat merupakan inovasi yang telah kita lakukan dan persiapkan sekarang ini untuk itu agar dapat terus dapat bersaing dan tetap berhasil, perlu adanya inovasi. Inovasi seperti apa?.. Yaitu inovasi yang memiliki nilai yaitu unggul dan berbeda. Dari memulai melakukan rencana saat ini dan melihat sekeliling apa peluang – peluang yang masih ada yang bila diberi inovasi dan terobosan baru akan menjadi sesuatu yang berdaya saing.

0 komentar:

Falling Love