Senin, 07 Februari 2011

Strategic Marketing


      Pemasaran bukan merupakan seorang markerter tetapi cara yang ditempuh untuk membuat suatu barang menjadi berbeda sehingga memiliki nilai lebih dan berdaya saing. Dalam melakukan pemasaran dasar yang dibuat sebaiknya bisa dikembangkan untuk jangka panjang sehingga pencapaian kesuksesan dibutuhkan sebagai pencapaian tujuan yang akhirnya bisa menjadi motivasi perkembangan mencapai kesuksesan. Saat ini untuk mencapai kesuksesan bukanlah hal mudah, banyaknya persaingan bisnis membuat diperlukannya strategi yang baik agar berhasil. Strategi pemasaran diibaratkan sebagai kunci untuk membuat suatu perusahaan dapat fokus dalam mengembangkan pencapaian perusahaan. Pada strategi pemasaran perlu menganalisis terlebih dahulu target pasar dan nilai guna produk yang dibuat sehingga sesuai dengan misi yang ditetapkan perusahaan. Asri (1956: 31) menyatakan bahwa "Strategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh yang optimal, target pasar merupakan sasaran yang dituju, sedangkan variable pemasaran merupakan alat untuk menuju sasaran tersebut".


      Berpikir untuk kembali pada kenyataannya saat ini banyak yang belum mengerti mengenai perbedaan markerter dan marketing sehingga pengenalan lebih dalam mengenai pemasaran sangat berguna sekali. Tujuan yang jelas juga harus dijadikan patokan agar dapat mencapai keberhasilan yang diinginkan nyata, tujuan ini dapat menjadikan strategi pemasaran lebih terlaksana sehingga dapat membuat kepercayaan lebih dengan membuat barang bernilai lebih dan target dari pangsa pasar yang diinginkan menjadi lebih terwujudkan.


      Cara mengimplementasikan adalah dengan terlebih dahulu menganalisis dan menetapkan tujuan yang dapat secara nyata dan jelas dicapai. Dari sini tergantung cara dalam melakukan strategi pasar yang dapat sesuai dengan sumberdaya dan produk yang ada diperusahaan sehingga dapat memberikan sesuatu yang berbeda yang menjadikan nilai tambah lebih pada setiap produk maupun jasa sebagai kebutuhan baru bagi pasar . Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5), pemasaran adalah “A societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and freely exchanging products and services of value with others”.

0 komentar:

Falling Love