Senin, 14 Maret 2011

Report & Discussion


Analisis SWOT(Strength, weaknesses ,opportunities, Threats) biasa digunakan untuk melihat kesempatan maupun tantangan dalam lingkungan Internal maupun eksternal.  Pada dasarnya stategi ini diarahkan untuk menggunakan kekuatan yang ada dan memberbaiki kelemahan, memanfaatkan peluang bisnis maupun menghadapi ancaman yang akan terjadi. Disisi lain inti dari bisnis bisa terdiri atas beberapa poin yaitu : Visi,misi, Value, stategi marketing, strategi distribusi dan organisasi. Dalam konteks  analisisnya terdapat hal - hal yang berpengaruh pada bisnis tersebut seperti dari bidang ekonomi, teknologi, sosial budaya, peraturan dan pshysical context.

Dalam usaha bisnis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sangat diperlukan. SWOT (Strength, weaknesses,opportunities, Threats)  juga berfungsi agar peluang dapat diwujudkan dan menghindari ancaman yang akan terjadi. Pembelajaran inti dari bisnis juga menjadi patokan awal dari kerangka suatu bisnis sehingga tujuan dan cara yang dilakukan terlihat jelas dan dapat tercapai. Maupun pada konteksnya usaha tersebut perlu dilihat dari faktor-faktor yang ada disituasi dan kondisi sekitar.

Jika memulai usaha baru, dengan analisis SWOT (Strength, weaknesses ,opportunities, Threats) perlu produk yang mempunyai keunggulan bukan hanya kekuatan saja. Seperti jika membangun usaha pastry brownis, jangan hanya melihat dari kekuatan kualitas produk yang baik tapi lebih mengutamakan keunggulan (positioning) . Sehingga produk tersebut memiliki kelebihan yang berbeda yang menjadi kekuatan dan keunggulan. Mengingat kadang aspek SWOT Strength, weaknesses ,opportunities, Threats) terdapat interal dan ekternal yang berbeda – beda, maka dalam melakukan positioningpun harus berbobot karena terlibat didua aspek ini. Masalah sosial budaya, ekonomi dan pshysical context biasanya yang paling sering dijumpai sehingga perlu membuat inti dari bisnis apa yang akan dibuat kedepan.

0 komentar:

Falling Love