Senin, 25 April 2011

Entrepreneurial Customer Relationship























Dalam Menjalin hubungan dengan konsumen dibutuhkan 2 yaitu Service Quality dan Customer Relation Management. Pada Service Quality terdapat yang disebut dengan initiator,influencer,decider dan buyer.. Disini terdapat customer expectations seperti promises past experiences word of mouth, sedangkan pada Customer experiences  dibutuhkan servqual seperti reability,assurance, tangibles, empathy dan responsiveness. Disisi lain Customer relationship management adalah bagaimana membuat apresiasi kepada konsumen dengan membuat customer retention yaitu tidak pindah ke tempat lain dan terikat dengan perusahaan atau produk yang diberikan.

                Membangun hubungan dengan konsumen merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan konsumen selain itu cara ini digunakan agar konsumen dapat memiliki pengalaman dan ketergantungan dengan produk yang diberikan. Penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh perusahaan dapat digunakan sebagai salah satu trik agar konsumen merasa diperhatikan dan dihargai, tidak hanya itu dengan adanya hadiah atau perhatian lebih kepada konsumen membuat konsumen lebih percaya dan lebih memberikan loyalitas yang dimiliki.

                Saat ini dengan adanya jaringan kemudian menjalin hubungan yang baik dengan konsumen sangatlah berpengaruh terhadap bisnis kedepan. Memberikan servis yang berkualitas, mempermudah dan menjanjikan sangatlah dibutuhkan oleh konsumen. PT HM Sampoerna.Tbk misalnya  dengan membuat produk yang ditawarkan menarik dengan memberikan target pembelian, memberi harga murah kepada distributor besar dan memberikan jangka pembayaran yang jauh sehingga membuat konsumen akan semakin menitik beratkan ke produk yang ditawarkan agar lebih menjual produk tersebut. Tidak ketinggalan dengan salah satu cara yang digunakan untuk menjalin hubungan dengan konsumen adalah mencari pengetahuan tentang kesenangan ,hobby, biodata dari konsumen sebagai pemberian hadiah bagi konsumen suatu waktu contohnya saat Natal dan Imlek memberikan parcel dan angpao maupun adanya paket tour seperti ke jogja oleh  PT HM Sampoerna.Tbk . Hal ini digunakan agar membangun pengalaman dan ketertarikan kepada produk yang ditawarkan dari hal – hal kecil yang tidak terduga bisa memberikan pengalaman lebih dan nilai pada konsumen.

0 komentar:

Falling Love